Mon. Jun 21st, 2021

Tagar #DiamDiRumahCuk Untuk Cegah Makin Mewabahnya Virus Corona

Porosberita.com, Jakarta – Wabah virus Corona kian mengkhawatirkan. Tak urung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah atau yang melibatkan kerumunan massa.

Hingga Minggu (15/3/2020), jumlah pasien positif tertular Covid-19 di Indonesia mencapai 117 kasus.

Menyikapi kondisi itu, muncul gerakan diam di rumah dengan tagar #DiamDiRumahCuk melalui kanal situs diamdirumahcuk.com.

Gerakan ini mengajak masyarakat mengarantina secara mandiri. Tujuannya untuk melindungi diri demi menghindari dari virus Covid-19 asal Wuhan, China yang telah merenggut banyak korban jiwa di dunia.

Gerakan ini meminta agar masyarakat sementara waktu menjauhi keramaian dan lebih cermat saat memilih kegiatan di luar ruangan. “Enggak usah keluar rumah kecuali beneran kepepet pake banget. Neng omah ae, cuk,” tulis imbauan gerakan tersebut.

Tak hanya itu, gerakan ini juga memberikan panduan umum bagi mereka yang mau ikut serta dalam mengambil tindakan karantina secara mandiri. Sama seperti yang telah diimbau oleh Dinas Kesehatan, imbauan tidak panik namun tetap waspada menjadi yang paling ditekankan.

Poin selanjutnya menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan menjaga etika saat batuk atau bersin serta menghindari kontak fisik secara langsung seperti bersalaman dan berciuman.

“Kalau anda masih sayang sama diri sendiri, dan pacar/suami/istri/anak/ bapak/ibu/ dan lain-lain, lakukan hal ini dan bagikan juga ke teman dan keluarga. Bilangin kepada mereka #DiamDiRumahCuk,” demikian imbauan gerakan tersebut. (wan)