Sun. May 9th, 2021

Kwik Sarankan Pemerintah Duduk Bersama Para Ahli

Kwik Kian Gie

Porosberita.com, Jakarta – Ekonom senior Kwik Kian Gie menyarankan pemerintah untuk segera menyusun kebijakan publik pasca pandemi Covid-19. Untuk itu, pemerintah mesti duduk bersama para ahli meski bukan kader partai politik.

Kwik pun mengingatkan pemerintah untuk mulai memikirkan kesulitan dalam semua bidang sebagai imbas negatif dari Virus Corona.

“Pembahasan yang lalu saya akhiri dengan mengajak kita semua, terutama penyusun kebijakan publik, untuk mulai memikirkan kesulitan dalam semua bidang dan sektor kehidupan sebagai akibat dari Covid-19,” ujar Kwik dalam akun media sosialnya, Rabu (22/4/2020).

Untuk itu, Kwik menyarankan pemerintah segera membentuk tim khusus guna menyusun prakiraan seluruh sektor yang terkena imbas Covid-19.

“Tim paska Covid-19 penyelenggara negara perlu membentuk tim yang sejak sekarang sudah milai membuat prakiraan dalam bebtuk inventarisasi dari semua permasalahan yang akan kita hadapi paska Covid-19 berlalu,” tulis mantan Menko Ekuin ini.

Menurutnya, pemerintah mesti duduk bersama para ahli dari seluruh bidang apapun tanpa melihat dari mana latar belakang ahli tersebut guna menyelamatkan Indonesia.

“Kalau tidak mampu, dengarkanlah para ahli walaupin mereka bukan anggota atau kader politik,” paparnya.

Kwik menyatakan pemerintah semestinya bisa mengikuti langkah  seluruh Negara yang fokus terhadap penanganan paska Covid-19.

“Setelah mengamati berbagai TV resmi dari manca megara yang kebanyakan dibiayai oleh pemerintah tanpa diganggu oleh iklan-iklan dengan pra pembicaranya yang sangat tinggi pengetahuannya mereka sudah tidak terlampaui fokus pada Covid-19 saja,” pungkasnya. (wan)