Fri. May 7th, 2021

Pemerintah Kucurkan Dana Rp5 Triliun Untuk Vaksin Covid019

Porosberita.com, Jakarta – Pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp5 triliun untuk pengembangan vaksin virus corona atau covid-19. Bahkan, suntikan dana akan ditingkatkan mencapai Rp40 triliun sampai Rp50 triliun pada 2021.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan dana dari pemerintah ini ditujukan untuk pengembangan uji klinis vaksin covid-19 fase tiga yang tengah dilakukan oleh perusahaan pelat merah PT Bio Farma (Persero).

“Pemerintah sendiri sudah akan menganggarkan untuk penyediaan vaksin sebanyak 30 juta sampai 40 juta di Bio Farma. Pemerintah berikan pendanaan sebesar Rp5 triliun,” kata Airlangga saat menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pengusaha Indonesia (Rakernas Apindo) secara virtual, Rabu (12/8/2020).

Ketum Golkar inipun berharap hasil uji klinis fase ketiga bisa segera selesai. Sehingga, produksi vaksin bisa dilakukan per Januari 2021.

Lebih lanjut Airlannga mengungkapkan, tahun depan anggaran pengembangan vaksin akan ditingkatkan sampai 10 kali lipat.

“Tahun depan mungkin bisa disiapkan sampai dengan Rp40 triliun sampai Rp50 triliun,” katanya.

Diketahui, PT BCHT Bioteknologi Indonesia bekerjasama dengan China Sinopharm International Corporation (Wuhan Institute of Biological Product). Kerja sama ini berupa uji klinik tahap pertama dan kedua di RS Rujukan Covid-19 dan sudah dimulai di China sejak April 2020. (nto)