Tue. Apr 16th, 2024

Trump Sabotase, Biden Umumkan Kabinet Pekan Depan

Joe Biden

Porosberita.com, Jakarta – Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden mempercepat pemilihan kabinet dan berencana mengumumkannya pekan depan.

Rencana itu diungkapkan oleh seorang pejabat AS dan sebagai bagian dari upaya untuk menunjukkan bahwa Biden tetap melangkah meski Donald Trump semakin berani menyabotase hasil pemilu.

Pada Kamis, (19/11/2020), Biden mengatakan dia telah menetapkan pilihannya untuk posisi menteri keuangan, tapi para pejabat menyebut dia juga telah menetapkan posisi penting lainnya. Beberapa di antaranya diperkirakan akan diumumkan sebelum perayaan Thanksgiving.

Dilansir CNN, Jumat (20/11/2020), seorang pejabat menuturkan perkenalan pertama anggota Kabinet Biden diperkirakan dilakukan pada Senin dan Selasa.

Anggota Dewan Gubernur Federal Reserve Lael Brainard dipandang sebagai kandidat utama untuk memimpin Departemen Keuangan.

Jika terpilih, dia akan menjadi sekretaris keuangan wanita pertama. Langkah ini akan membantu Biden memenuhi janjinya untuk mengisi kabinet dengan anggota beragam.

Tapi tiga pejabat yang dekat dengan tim transisi Biden menolak berkomentar apakah Brainard adalah pilihan terakhir.

Mereka mengatakan itu adalah keputusan yang dijaga erat yang kemungkinan besar akan diungkapkan oleh presiden terpilih setelah Thanksgiving.

Sebelumnya, Biden telah berbicara dengan penasihat untuk mengambil pendekatan yang jauh lebih lambat, tapi sikap Trump telah memotivasinya untuk bergerak tanpa penundaan.

“Ada keinginan untuk menyampaikan bahwa kami sedang memerintah, mengoperasikan, dan mengatur,” kata seorang pejabat, merujuk pada urgensi yang dihadapi tim Biden atas tingkah laku Trump. Biden sendiri telah mewawancarai calon anggota kabinet secara virtual, dengan satu atau dua pengecualian, karena ia harus mengambil langkah serius untuk menjaga kesehatan sehubungan meningkatnya kasus virus corona di AS. (CNN Indonesia

About Author