Thu. Oct 24th, 2024

Kemenkes Sebut Soal Harga Vaksin Covid-19 Belum Ada Keputusan

Simulasi imunisasi kepada relawan vaksin covid-19. (foto - Istimewa)

Porosberita.com, Jakarta – Pemerintah menyatakan soal harga vaksi Covid-19 hingga kini belum diputuskan. Kabar soal harga vaksin  beredar di masyarakat menyusul rencana kedatangan vaksin dan rencana vaksinasi COVID-19.

Juru bicara pemerintah sekaligus Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmidzi, memberikan klarifikasi mengenai maraknya pemberitaan soal harga vaksin tersebut.

“Pemerintah belum menetapkan harga vaksin COVID-19 yang akan digunakan. Masyarakat diimbau tunggu informasi resmi pemerintah,” kata Siti dalam keterangan tertulisnya, Minggu )13/12/2020).

Menurutnya, pemerintah melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 9860/2020 telah menetapkan enam jenis vaksin COVID-19 yang dapat digunakan di Indonesia.

Keenam jenis vaksin tersebut yakni vaksin produksi Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer/BioNTech, dan Sinovac.

Namun, Siti menegaskan bahwa kehadiran vaksin dan penggunaannya dalam program vaksinasi di Indonesia, masih dinamis dan harus mengikuti proses pengadaan serta izin penggunaannya.

Soal belum ditetapkannya harga vaksin COVID-19 yang akan digunakan di Indonesia, menurutnya karena berbagai informasi yang beredar saat ini tidak dapat dijadikan rujukan.

“Dan kami imbau masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi pemerintah terkait vaksin dan vaksinasi COVID-19. Informasi resmi akan dapat diakses di situs kemkes.go.id dan covid-19.go.id,” pungkasnya. (wan)

About Author