Thu. Oct 24th, 2024

Presiden Tegaskan Vaksin Covid Akan Diberikan Gratis Mulai Awal Tahun 2021

Porosberita.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyatakan imunisasi vaksin COVID-19 akan diberikan kepada masyarakat secara gratis. Imunisasi dimulai pada awal tahun 2021 dan disuntikkan secara bertahap dengan target 182 juta penduduk.

“Tapi ini memang perlu tahapan-tahapan, nanti Januari berapa juta, Februari berapa juta, Maret berapa juta, April berapa juta (vaksin),” kata Jokowi saat acara pemberian bantuan modal kerja di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Jokowi menjelaskan, minimal terdapat 70 persen penduduk harus sudah divaksin hingga April 2021. Angka itu setara dengan 182 juta penduduk.

Jokowi pun mengingatkan kepada pelaku usaha tersebut untuk tetap sabar hingga kondisi pandemi Covid-19 mulai membaik. Pasalnya, penyaluran vaksin pun harus dilakukan secara bertahap.

Jokowi juga meminta masyarakat yang mencari nafkah dengan membuka usaha untuk tetap kuat hingga nanti penyaluran vaksin bisa berjalan.

“Kita masih menunggu pada posisi normal, tetap tahan banting, usaha ini jangan sampai dijaga jangan sampai berhenti.”

Pada kesempatan itu, ia juga menegaskan, vaksin yang diedarkan nanti gratis, tidak dipungut biaya sama sekali. “Jangan ada yang bilang bayar, gratis,” tegasnya.

Meski pelaksanaan vaksin sudah makin dekat, lanjutnya, masyarakat diminta mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Jokowi juga menyebut Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia telah dilibatkan sejak awal untuk memastikan kehalalan vaksin COVID-19 demi meyakinkan masyarakat, terutama kalangan muslim. (wan)

About Author