Fri. Feb 3rd, 2023

Bareskrim Ambil Alih Kasus Prokes HRS

Habib Rizieq ditahan usai diperiksa selama 14 jam di Polda metro Jaya, Minggu dini hari (13/12/2020)

Porosberita.com, Jakarta – Bareskrim Polri mengambil alihkasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat dan Megamendung, Jawa Barat yang menjerat Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS). Mabes Polri akan berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung (Kejagung).

“Bareskrim akan koordinasi dengan Kejagung, jadi satu nanti kasusnya,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi, Sabtu (19/12/2020).

Menurutnya, alasan dialihkannya kasus tersebut dari Polda jajaran ke Bareskrim Polri lantaran peraturan yang diterapkan adalah sama. Selain itu, kasus tersebut terjadi di dua wilayah.

“Kasusnya kan sama, prokes kerumunan. Nah, tapi terjadinya di beberapa wilayah, supaya satu penanganannya karena kan undang-undang yang diterapkan kan mirip-mirip tuh,” jelasnya.

Adapun berkas perkara dari masing-masing kasus tetap akan dipisah. Sedangkan proses penyidikan  akan tetap melibatkan penyidik di daerah.

“Tetap berdiri, kan locus dan tempus berbeda, dalam penanganannya di Bareskrim dikoordinir di Bareskrim, penyidik daerah juga tetap dilibatkan. Oh iya tetap dong, nggak bisa digabung (berkas) karena saya bilang tadi locus dan tempus berbeda,” katanya.

Andi pun menerangkan, Bareskrim Polri melanjutkan penyidikan dari kasus kerumunan yang sedang berproses. Bukan melakukan penyidikan dari awal lagi.

Diketahui kasus ini berawal saat Habib Rizieq Shihab pulang ke Tanah Air pada 10 November 2020. Sepulang dari Arab Saudi, Habib Rizieq menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putrinya di Petamburan, Jakarta Pusat, November 2020.

Kegiatan itulah yang dituding menimbulkan kerumunan dengan jumlah massa yang masif. Akibatnya, kerumunan dianggap sebuah pelanggaran protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Selain itu, Habib Rizieq Shihab juga sempat mengunjungi Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung, Kabupaten Bogor. Dalam kegatan itu juga dipenuh massa, selain para santri antusias menyambut kedatangan Habib Rizieq. (wan)