Thu. Oct 24th, 2024

Rijal Kobar, Korlap Aksi 1812 Dimintai Keterangan di Polda Metro Jaya

Rijal Kobar

Porosberita.com, Jakarta – Rijal Kobar penanggungjawab atau koordiantor lapangan (Korlap) aksi 1812 mendatangi Polda Metro Jaya pada hari ini, Selasa (5/1/2021). Rijal datang ke Poldoa Metro jaya untuk dimintai ketarangan sebagai saksi terkait aksi tersebut.

“Sebagai warga negara yang patuh terhadap hukum, saya datang memenuhi panggilan untuk dimintai keterangan,” kata Rijal sebelum dimintai keterangan di Polda Metro jaya.

Sementara, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan ada tiga orang yang akan dimintai keterangan dan salah satunya adalah koordinator lapangan atau korlap aksi 1812, Rijal Kobar.

“Ada tiga orang yang diperiksa, yakni saudara RK sebagai penanggung jawabnya, saudara AR yang membacakan doa pada saat di mobil komando dan saudara AS adalah korlap,” kata Yusri.

Menurutnya, Rijal dan dua orang saksi lainnya sudah datang memenuhi panggilan polisi. Pemeriksaan pun dilakukan sesuai protokol kesehatan COVID-19, mulai dari pemeriksaan antibodi dan swab antigen.

“Hasil kesehatannya nonreaktif. Ketiganya sekarang sedang dilakukan pemeriksaan. Kita tunggu saja nanti hasil pemeriksaan,” jelasnya.

Yusri menambahkan, polisi juga sudah meminta keterangan dari Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma’arif, dan pemilik kendaraan mobil komando inisial A pada Senin, 4 Januari 2021 lalu.

Diketahui, aksi 1812 dilakukan massa Front Pembela Islam (FPI) pada Jumat (18/12/2020). Aksi digelar tak jauh dari Istana Negara Jakarta.

Aksi menyuarakan pembebasan terhadap Habib Rizieq Shihab, yang ditahan dan menjadi tersangka.

Tuntutan lain aksi 1812 adalah menuntut keadilan terkait tewasnya enam anggota laskar FPI yang ditembak polisi. Namun, sebelum aksi berlangsung langsung dibubarkan aparat TNI-Polisi dan sebagian peserta aksi amankan aparat.. (wan)

About Author