Thu. Oct 24th, 2024

Menkes Imbau Puskesmas Lapor Jika Butuh Sarana Penyimpanan Vaksin Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi

Porosberita.com, Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta peran aktif puskesmas dalam program vaksinasi COVID-19. Budi mengimbau kepada puskesmas segera melapor jika membutuhkan sarana-prasarana pendukung untuk menyimpan vaksin.

“Kami juga mohon bantuan teman-teman wartawan untuk mengingatkan seluruh puskesmas kalau, misalnya, ada fasilitas lemari es atau pendingin yang kurang untuk menyimpan vaksin, tolong segera mengontak Dinas Kesehatan terdekat, tolong kontak Kementerian Kesehatan aparatnya yang terdekat. Kalau perlu juga bisa dikirimkan ke Twitter sama Instagram-nya saya atau Facebook-nya saya supaya kami bisa cepat menangani.” kata Budi usai rapat terbatas di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Selain itu, Budi juga meminta kepada puskemas, rumah sakit ataupun klinik untuk segera mendaftarkan layanan P-Care BPJS Kesehatan agar dapat melayani vaksinasi itu. Tujuannya semata-mata demi memperlancar program vaksin dan pelaporan data penerima sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik.

Menurutnya, peran puskesmas sangat vital dalam rangka program vaksinasi di Tanah Air. Setidaknya ada 10.166 puskesmas yang ada di Tanah Air dan sangat menentukan suksesnya program tersebut.

“Kami harapkan bisa kita mulai di bulan Maret atau April tahun ini juga, dan untuk itu sangat membutuhkan dua hal tadi yang kami minta tolong teman-teman wartawan untuk mengingatkan seluruh rumah sakit, seluruh klinik dan puskesmas untuk mendaftarkan,” pungasnya. (sur)

About Author