Tue. Jan 19th, 2021

Korlap Aksi 1812, Rijal Kobar Selesai Diperiksa Penyidik Polda Metro Jaya

Rijal Kobar (mengenakan kemeja putih dan berkacamata) bersama tim LBH KOBAR.

Porosberita.com, Jakarta – Koordinator lapangan (Korlap) aksi 1812 Rijal Kobar selesai menjalani pemeriksaan penyidik Polda Metro Jaya. Rijal menjawab 101 pertanyaan penyidik seputar aksi yang dibatalkan aparat kepolisian dan TNI beberapa waktu lalu.

Rijal mulai diperiksa penyidik pada Selasa (5/1/2021) sekitar pukul 10.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB Rabu dini hari (6/1/2021). Selanjutnya, pemeriksaan dilanjutkan pada Rabu (6/1/2021) pukul 13.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB Kamis dini hari (7/1/2021).

“Alhamdulillah sudah kelar, saya jawab apa adanya yang saya tahu dan saya alami sendiri. Ini mau pulang istirahat,” kata Rijal usai diperiksa di Polda Metro Jaya, Kamis (7/1/2021).

Pengacara Rijal, Andris Basril mengungkapkan bahwa selama pemeriksaan kliennya menjawab sebanyak 101 pertanyaan penyidik. “Kami kuasa hukum mendampingi beliau, panggilan menjadi saksi. Untuk (pasal) 160, prokes. Total pertanyaan 101. Karena, hari pertama 55 pertanyaan dan hari kedua 46 pertanyaan. Tentu ada jeda waktu istirahat untuk sholat dan makan ,” jelas Andris Basril.

Sebelumnya diberitakan, Rijal Kobar penanggungjawab atau koordiantor lapangan (Korlap) aksi 1812 mendatangi Polda Metro Jaya pada hari ini, Selasa (5/1/2021). Rijal datang ke Poldoa Metro jaya untuk dimintai ketarangan sebagai saksi terkait aksi tersebut.

“Sebagai warga negara yang patuh terhadap hukum, saya datang memenuhi panggilan untuk dimintai keterangan,” kata Rijal sebelum dimintai keterangan di Polda Metro jaya.

Sementara, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan ada tiga orang yang akan dimintai keterangan dan salah satunya adalah koordinator lapangan atau korlap aksi 1812, Rijal Kobar.

“Ada tiga orang yang diperiksa, yakni saudara RK sebagai penanggung jawabnya, saudara AR yang membacakan doa pada saat di mobil komando dan saudara AS adalah korlap,” kata Yusri.

Menurutnya, Rijal dan dua orang saksi lainnya sudah datang memenuhi panggilan polisi. Pemeriksaan pun dilakukan sesuai protokol kesehatan COVID-19, mulai dari pemeriksaan antibodi dan swab antigen.

“Hasil kesehatannya nonreaktif. Ketiganya sekarang sedang dilakukan pemeriksaan. Kita tunggu saja nanti hasil pemeriksaan,” jelasnya.

Yusri menambahkan, polisi juga sudah meminta keterangan dari Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma’arif, dan pemilik kendaraan mobil komando inisial A pada Senin, 4 Januari 2021 lalu.

Diketahui, aksi 1812 dilakukan massa Front Pembela Islam (FPI) pada Jumat (18/12/2020). Aksi digelar tak jauh dari Istana Negara Jakarta.

Aksi menyuarakan pembebasan terhadap Habib Rizieq Shihab, yang ditahan dan menjadi tersangka.

Tuntutan lain aksi 1812 adalah menuntut keadilan terkait tewasnya enam anggota laskar FPI yang ditembak polisi. Namun, sebelum aksi berlangsung langsung dibubarkan aparat TNI-Polisi dan sebagian peserta aksi diamankan aparat. (wan)

Leave a Reply