Fri. Feb 3rd, 2023

Presiden Perintahkan Kepala Daerah Perketat Aktivitas Masyarakat

Presiden Jokowi divaksin Covid-19.

Porosberita.com, Jakarta – Presiden Jokowi memerintahkan para kepala daerah untuk memperketat aktivitas masyarakat di level terkecil. Hal tu disampaikan Jokowi dalam pertemuan dengan sejumlah kepala daerah kemarin yang khusus membahas efektivitas pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM.

Untuk diketahui dalam pertemuan tersebut hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

“Jadi saya sampaikan pentingnya dua hal yang di lapangan ini kita kemarin di lapangan kurang,” kata Jokowi usai meninjau vaksin massal di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memerintahkan para kepala daerah untuk memperketat aktivitas masyarakat di level mikro. Menurutnya, pengetatan di tingkat wilayah kampung desa, RT, RW penting agar tingkat penularan COVID-19 dapat ditekan.

“Kemudian yang kedua yang tidak kalah pentingnya dari sisi pemerintah yaitu testing, tracing dan treatment. Artinya kalau tes COVID sudah dilakukan dan ketahuan segera dilacak paling tidak 30 orang yang kontak dengan orang ini harus dilacak dan kalau sudah ketemu segera dilakukan isolasi itu yang saya tekankan,” jelasnya.

Selain tu, Jokowi juga mengingatkan para kepala daerah agar 3 T diperkuat lagi, serta pentingnya sosialisasi 3M kepada masyarakat (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Jokowi pun menyinggung proses vaksinasi yang masih berjalan. Ia berharap, program ini berjalan tepat waktu. (sur)