Thu. May 26th, 2022

Ini Profil Isradi Zainal Calon Waketum PII Periode 2021-2024

DR. Ir. M. Isradi Zainal, S.T, M.T, SH, M.H, DESS, IPU, Asean. Eng

Porosberita.com, Jakarta – Persatuan Insinyur Indonesia (PPI) akan menggelar pemilihan Wakil Ketua Umum periode 2021 – 2024. Sejumlah nama mewarnai bursa calon Wakil Ketua PII, salah satu yang diunggulkan adalah DR. Ir. M. Isradi Zainal, S.T, M.T, SH, M.H, DESS, IPU, Asean. Eng.

Dalam kesempatan mewawancarai Isradi melalui telepon pada Sabtu (4/12/2021) menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon Waketum PII. “Insya Allah, saya akan maju menjadi Waketum PII dengan dukungan dari kawan-kawan PII. Kami mohon doanya semoga semua berjalan sukses dan lancar,” kata Isradi.

Saat ini, Isradi atau IZ menjabat sebagai Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) Periode 2021-2025. Dalam karir di dunia pendidikan, IZ yang kini menduduki posisi BKM PII aktif mengajar disejumlah universitas dan lembaga pelatihan. Jabatan formal yang pernah diduduki di Perguruan Tinggi adalah wakil Dekan/Wakil Direktur Fakultas Vokasi K3, Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Uniba dan Dekan Fakultas Vokasi Uniba.

Dia juga dikenal sebagai praktisi yakni Konsultandan Pengusaha. Dalam kapasitas sebagai praktisi dan  konsultan, Isradi aktif sebagai Insinyur Profesional, Ahli K3 dan Auditor Sistem Manajemen di bidang Marine, Mechanical, Electrical, Safety and Quality.  Untuk Profesi ini, Ia telah membuktikannya pada sejumlah perusahaan pelayaran, pertambangan, Migas, Jasa Industri, BUMN, BUMD, Perusahaan Multinasional dan lain-lain baik di dalam maupun di luar negeri.

Sebagai Pengusaha, suami Andi Surayya Mappangile,S.K.M.,M.Kes ini juga terbilang sukses. Dia menjabat sebagai Founder dan Komisaris sejumlah Perusahaan dan aktif di dunia Usaha dan dunia industri (DUDI) khususnya bidang Pelatihan dan Konsultansi, Inspeksi dan Supervisi, Audit dan Sertifikasi serta General trade & Services.

Dalam pendidikan tinggi teknik yang ditempuhnya cukup beragam. gelar Sarjana Teknik ada tiga yaitu, S1 Teknik Perkapalan (Naval Architect & Marine Engineer) di Universitas Hasanududdin (Unhas) Makassar dan Teknik Mesin dan Elektro di Fakultas Teknik Uniba. Sementara gelar Magisternya diperoleh dari Magister Manajemen Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Master Business Admisitration (MBA/DESS-CAAE) Universite Pirre Mendez Frances de Grenoble Perancis, Magister Teknik Mesin Universitas Pancasila (UP) Jakarta & Magister Teknik Perkapalan Unhas Makassar. Adapun gelar Doktor bidang Industrial management diperolehnya dari Universitas Mulawarman dan saat ini sedang menempuh Program Dr. di Asia e University dan Universitas Brawijaya dan untuk bidang Profesi Isradi memperolehnya di PS PPI Unhas, ITS dan UGM.

Untuk bidang Pelatihan, Isradi telah mengikuti baik di luar maupun di dalam negeri. Pelatihan dan Kompetensi yang diikuti di luar negeri diantaranya Total Quality Mangement (TQM-ENST-2) Sistem manajemen Mutu di Yokohama, Jepang; Marine Surveyor (Marine, Mechanical,Electrical) di IRS Mumbai, India; Maritime safety Management(MSM)SSPA,Gotheborg dan Stockholm  Swedia; Advancce Martime safety management, MSA Shanghai China; Systeme Management de la qualite, Grenoble Perancis dan Offshore vessel inspector di Perth Australia.

Sementara pelatihan dan kompetensi yang diikuti di dalam negeri, diantaranya Pelatihan Insinyur Profesional di sektor kementerian ESDM yang meliputi Inspektur Pesawat angkat Angkut Migas, Inspektur Bejana Tekan Migas, Inspektur Pipa Penyalur Migas, Inspektur Rotating Equipment Migas, Inspektur Instalasi Migas, Inspektur Tangki Timbun Migas, Inspektur Kelistrikan Migas, dll. Pelatihan dan kompetensi Insinyur Profesional untuk sektor kementerian naker diantaranya auditor SMK3, Ahli K3 umum, Ahli K3 Pesawat Angkat Angkut, Ahli K3 Pesawat uap dan Bejana tekan, Ahli K3 Pesawat Tenaga dan Produksi, Ahli K3 Listrik, Ahli K3 Kebakaran dan lain-lain.

Selain sebagai akademisi dan pebisnis, Isradi juga aktif diberbagai organisasi profesi, diantaranya  Direktur Indonesia Maritime Watch (IMW), Ketua Indonesian Corrosion Association (Indocor) Kaltim. Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa K3(APJK3) Kaltim, Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Kaltim, Ketua Asosiasi Perusahaan jasa K3 Riksa Uji dan Inspeksi (APJK3-RUI) se Indonesia, Ketua Komisi II Dewan K3 Nasional (DK3N), Penasehat Perkumpulan Pengusaha Jasa K3 Riksa uji Indonesia (PPJK3 RUI), Sekretaris Eksekutif Umum INOSHPRO, Sekjen Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI), Sekretaris Majelis Akreditasi LAMTEK, Ketua SKP Prosedur dan Kriteria Akreditasi LAMTEK, Sekjen Forum Rektor PII dan lain-lain. (wan)