Thu. May 26th, 2022

Haris dan Fathia Diperiksa 6 Jam Soal Laporan Luhut

Haris Azhar

Porosberita.com, Jakarta – Aktivis HAM Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti diperiksa sebagai saksi dalam laporan yang dilayangkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Keduanya diperiksa selama kurang lebih enam jam oleh penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Usai diperiksa, Haris mengaku dicecar 17 pertanyaan oleh penyidik selama pemeriksaan. Sedangkan Fatia mendapat 20 pertanyaan dari penyidik.

“Banyak soal akun Youtube saya, lalu juga soal materi konflik of interest-nya, dari soal riset,” kata Haris di Polda Metro Jaya, Selasa (18/1/2022).

Sementara, Fatia mengungkapkan dicecar soal metodologi yang digunakan dalam proses riset terkait dugaan keterlibatan Luhut di tambang emas Papua.

“Juga pertanyakan sumber-sumber riset ataupun data-data terkait yang menyebutkan dugaan keterlibatan Luhut Binsar Panjaitan yang di mana itu sebenarnya sudah dijelaskan dalam risetnya juga,” jelasnya.

Diketahui, Haris dan Fatia dilaporkan Luhut terkait pernyataan bahwa PT Tobacom Del Mandiri, anak usaha Toba Sejahtera Group terlibat dalam bisnis tambang di Intan Jaya, Papua. Luhut diketahui adalah salah satu pemegang saham di Toba Sejahtera Group.

Laporan yang dilayangkan oleh Luhut itu terdaftar dengan nomor STTLP/B/4702/IX/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA, 22 September 2021.

Sebelumnya, sejumlah anggota kepolisian mendatangi kantor Haris Azhar dan rumah Fatia Maulidiyanti pagi tadi. Polisi mengklaim kedatangan mereka lantaran Haris dan Fatia sudah dua kali mangkir dari agenda pemeriksaan.

“Untuk kepentingan penyidikan, saksi HA dan FA dua kali tidak hadir dengan alasan yang tidak patut dan wajar. Dan sesuai mekanisme pada KUHAP, penyidik Ditkrimsus Polda Metro Jaya membawa Surat Perintah untuk membawa dan menghadirkan saksi,” tutur Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis dalam keterangannya.

Sebagai informasi, Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti dipolisikan terkait video yang diunggah di akun YouTube dengan judul “Ada Lord Luhut Di balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya!! Jenderal BIN Juga Ada!!” yang berisi perbincangan antara Haris Azhar dan Fatia.

Laporan yang dilayangkan oleh Luhut itu terdaftar dengan nomor STTLP/B/4702/IX/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA, 22 September 2021. (wan)