Fri. Oct 25th, 2024

Hizbullah Sebut AS Paling Bertanggungjawab Atas Perang di Gaza

Pimpinan Hizbullah Hassan Nasrallah

Porosberita.com, Jakarta – Pimpinan Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan pihak yang paling bertanggung jawab atas perang di Gaza adalah Amerika Serikat.

Menurutnya Agresi Israel di Gaza didalangi oleh Amerika.

Ia pun menegaskan Amerika sebagai sekutu utama Israel harus segara menghentikan agresi di Gaza jika tak ingin perang meluas. Dalam pidatonya Nasarallah mengatakan milisinya yang didukung kekuatan Iran siap menghadapi kapal perang AS di Laut Tengah.

“Kalian, Amerika, bisa menghentikan agresi terhadap Gaza karena ini adalah agresi kalian. Siapa pun yang ingin mencegah perang regional, dan saya berbicara kepada Amerika, harus segera menghentikan agresi di Gaza,” kata Nasrallah dalam pidatonya seperti dikutip Reuters, Jumat (3/11/2023).

“Kalian, Amerika, sangat tahu bahwa jika perang pecah di wilayah ini, armada kalian tidak akan berguna, demikian pula pertempuran udara tidak akan memberikan manfaat apa pun, dan yang akan membayar harganya akan menjadi… kepentingan kalian, prajurit kalian, dan armada kalian,” tambahnya.

Nasarallah juga mengungkap tujuan milisinya dalam waktu dekat yakni ingin segera menghentikan perang di Gaza dan memastikan milisi sekutunya di Palestina, Hamas, memenangkan peperangan.

Ini merupakan pernyataan publik pertama Nasrallah merespons perang Hamas vs Israel yang pecah sejak 7 Oktober lalu.

Pernyataan publiknya ini menjadi sorotan dan ditunggu-tunggu oleh seluruh dunia karena hingga kini belum ada satupun komentar darinya menanggapi agresi Israel di Gaza.

Konflik di Timur Tengah ini sendiri sudah meluas hingga ke Lebanon selatan dan melibatkan milisi Hizbullah. Sejumlah media melaporkan sekitar 50 anggota

Hizbullah tewas dalam serangan Israel di Lebanon selatan. (nto/CNNIndonesia.com)

About Author