Fri. Oct 25th, 2024

 Letjen TNI Arif Rahman Resmi Jabat Wakasad Gantikan Jendral Agus Subiyanto

Letnan Jenderal (Letjen) TNI Arif Rahman

 Letjen TNI Arif Rahman Resmi Jabat Wakasad Gantikan Jendral Agus Subiyanto

Porosberita.com, Jakarta – Letjen TNI Arif Rahman resmi menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) usai menjalani acara laporan korps Wakasad dan penyerahan jabatan Dankodiklatad kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto di Mabesad, Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Selain memimpin laporan korps Wakasad serta penyerahan jabatan Dankodiklatad, Agus juga memimpin serah terima lima jabatan strategis di lingkungan TNI Angkatan Darat.

Jabatan yang diserahterimakan antara lain Danpussenarmed dari Mayjen Yudhy Chandra Jaya kepada Mayjen M Naudi Nurdika, Kapushubad dari Mayjen Nurcahyo Utomo kepada Brigjen Iroth Sonny Edhie, serta Kapuspalad dari Mayjen Eko Erwanto kepada Mayjen Kuswara Harja.

Lalu Danpusintelad dari Brigjen Rudy Rachmat Nugraha kepada Brigjen Dian Hardiana dan Danpussansiad dari Brigjen Iroth Sonny Edhie kepada Brigjen I Gusti Ngurah Wisnu.

Yudhy dan Nurcahyo dalam waktu dekat akan memasuki masa purna tugas (pensiun). Sedangkan Eko selanjutnya dirotasi menjadi staf khusus KSAD, dan BRudy Rachmat menjabat sebagai Pa Sahli Tk. III Bid. Komsos Panglima TNI.

Sebelumnya, penunjukan Arif sebagai Wakasad tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 9 November.

Dalam keputusan itu, Panglima TNI Laksamana Yudo salah satunya menunjuk Arif sebagai Wakasad. Jabatan ini sebelumnya kosong usai ditinggal Jenderal Agus Subiyanto yang naik pangkat dan dipromosikan menjadi KSAD pada 25 Oktober 2023 lalu.

Profil singkat Letjen Arif Rahman

Sebelum menjadi KSAD, Letjen Arif adalah Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI AD. Dia menjabat dankodiklat sejak 16 Januari 2023 hingga akhirnya dipromosikan jadi Wakasad.

Jebolan Akmil 1988 ini lahir di Ciparay, Bandung pada 22 April 1966. Jenderal bintang tiga ini dikenal sebagai perwira yang besar dari satuan infanteri Kostrad.

Sejumlah jenjang karier Letjen Arif di lingkungan TNI AD adalah di antaranya pernah menjabat Danpussenif TNI AD sebelum jadi Dankodiklat AD.

Sebelumnya lagi, dia juga pernah menjabat Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Danpusterad) TNI AD.

Dia juga pernah menjadi Gubernur Akmil pada 2016 silam. Di lingkungan Kodam, dia pernah memegang tongkat komando Pangdam V/Brawijaya.

Di level perwira menengah, Arif Rahman pernah menjadi Sespri Wakasad dan Dandim 0606/Bogor. (wan/CNNIndonesia.com)

About Author