Thu. Oct 24th, 2024

Komnas HAM Segera Sampaikan Rekomendasi Kasus Tewasnya 6 Laskar FPI

Komnas HAM

Porosberita.com, Jakarta – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan segera menyampaikan kesimpulan dan rekomendasinya terkait kasus tewasnya enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Km 50 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Hal itu diungkapkan Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara usai tim Komnas HAM meminta keterangan dari kepolisian terkait kasus tersebut. Selain meminta keterangan, Komnas HAM juga melakukan rekonstruksi.

Dengan begitu, Komnas HAM mengaku telah mendapatkan hasil yang lebih terang. Selanjutnya, KemKomnas HAM akan menyimpulkan hasil penyelidikan kasus ini paling lambat pekan kedua bulan ini.

“Kesimpulan secara umum dari proses hari ini, peristiwa yang ada menjadi lebih terang. Paling lambat dua minggu ini, kami akan menyelesaikan laporannya,” kata Beka, Senin (4/1/2021).

“Kami harap ini menjadi kali terakhir keterangan dari kepolisian terkait kasus ini. Sehingga, paling tidak kesimpulan dan rekomendasi dari Komnas HAM bisa dijalankan oleh berbagai pihak, karena yang terlibat bukan hanya kepolisian dan yang menaruh atensi bukan hanya Presiden, tetapi juga masyarakat,” imbuhnya.

Dalam rekonstruksi, Komnas HAM bersama kepolisian menggelarnya di area parkir sebelah kanan gedung Komnas HAM. Meski begitu, rekonstruksi tidak dilakukan untuk semua peristiwa yang terjadi.

“Jadi rekonstruksinya secara umum, yakni bagaimana kejadian di TKP satu, dua, tiga dan empat. Termasuk juga mendetailkan apa yang ada di dalam mobil. Itu secara umum saja. Sudah dijelaskan lengkap, siapa yang ada di barisan terakhir, tengah, dan tindakan apa yang diambil oleh kepolisian, sampai para jenazah tiba di RS Polri,” jelas Beka.. (wan)

About Author