Thu. Oct 24th, 2024

Komnas HAM Periksa Ribuan Rekaman CCTV Terkait Tewasnya 6 Laskar FPI

Keenam Laskar FPI tewas ditembak

Porosberita.com, Jakarta – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tengah memeriksa ribuan rekaman CCTV di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) kasus tewasnya enam laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 Karawang, Jawa Barat.

Pemeriksaan CCTV tersebut sebagai upaya menguatkan hasil investigasinya dan mendapat konstruksi peristiwa yang mengundang perhatian masyaralat nasional maupun internasional.

“Kami memeriksa video lebih dari 8.000 video,” ungkap komisioner Komnas HAM Choirul Anam di kantor Komnas HAM, Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Anam menejelaskan, diantara video yang diperiksa itu terkait dengan bagaimana perjalanan kendaraan anggota Polisi dan lasakr FPI yang disebut terlibat bentrok di lokasi kejadian.

Anam mengungkapkan, ribuan video tersebut didapatkan oleh Komnas HAM dari berbagai pihak saat pengambilan proses keterangan saksi. Ia mengatakan sudah lebih dari 10 hari Komnas HAM memeriksa video tersebut.

Menurutnya, Komnas HAM telah melihat isi video tersebut secara acak di sepanjang alur peristiwa tewasnya pengikut Habib Rizieq. Saat ini Komnas HAM akan terus dalami terkait video tersebut.

“Kita lihat lagi biar rapi dan semoga sesegera mungkin cepat selesai,” terang Anam.

Alhasil, lanjut Anam, saat ini Komnas HAM sudah menemukan beberapa petunjuk yang semakin jelas setelah melihat isi video yang diperiksa tersebut. “Jadi tinggal memastikan titik video, terus memastikan titik akurasi perjalanan dan beberapa titik peristiwa dan salah satunya dibantu oleh video itu,” jelas Anam. (wan)

About Author