Tue. Apr 16th, 2024

Pemerintah Imbau Pasien Sembuh Corona Untuk Mendonorkan Plasma Konvalesen

Porosberita.com, Jakarta – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengimbau pasien yang sudah sembuh dari COVID-19 atau para penyintas untuk mendonorkan plasma konvalesen.

Menurutnya, plasma konvalesen itu untuk kepentingan pengobatan bagi pasien COVID-19 yang mempunyai gejala sedang dan berat..

“Khususnya dari penyintas COVID-19 agar bersedia dan tergerak hatinya untuk mendonorkan plasma konvalesen bagi pasien COVID-19,” kata Muhadjir dalam Pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen pada Senin (18/1/2021)

Muhadjir mengklaim ada penelitian bahwa kesembuhan pasien COVID-19 bergejala sedang dan berat bisa diintervensi dengan terapi plasma konvalesen. Plasma yang ada dalam darah disebut memiliki kandungan antibodi terhadap suatu penyakit.

Saat ini, lanjutnya sudah ada Muhadjir salah satu pendonor plasma yaitu Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto yang sempat terpapar COVID-19.

“Bapak Airlangga Hartarto yang pada hari ini menjadi salah satu penyintas yang mendonorkan plasma konvalesennya,” ujarnya.

Airlangga sendiri mengaku sudah mempersiapkan dirinya untuk menjadi pendonor plasma. Karena itu, dia berharap langkah ini diikuti oleh para penyintas COVID-19 yang lain.

“Yang sembuh saat ini mencapai 728.000 dan tentu ini sangat membutuhkan donor plasma konvalesen dan dengan gerakan ini diharapkan lebih banyak masyarakat yang melakukan donor plasma,” jelasnya. (sur)

About Author