Sun. Jul 3rd, 2022

Biden Gelar Kapal Induk di Laut China Selatan

Kapal induk AS

Porosberita.com, Jakarta – Sekelompok kapal induk Amerika Serikat tiba di Laut China Selatan untuk menggelar latihan yang disebut mereka sebagai “operasi kebebasan bernavigasi”, Senin (25/1/2021).

Komando Militer AS di kawasan Indo-Pasifik memaparkan armada kapal induk USS Theodore Roosevelt, Carrier Strike Group Nine, tu memasuki kawasan Laut China Selatan pada Sabtu akhir pekan lalu.

Kapal Theodore Roosevelt didampingi oleh kapal penjelajah rudal kelas Ticonderoga, USS Bunker Hill, kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke, USS Russell, dan USS John Finn.

Ketibaan kapal induk AS itu bertepatan ketika Taiwan melaporkan bahwa sejumlah jet tempur dan pesawat pengebom China menerobos zona pertahanan udaranya.

“Senang rasanya berada di Laut China Selatan lagi, melakukan latihan rutin, mempromosikan kebebasan laut, dan meyakinkan sekutu dan mitra AS,” kata Laksamana Muda Doug Verissimo, Komandan Carrier Strike Group Nine, seperti dikutip AFP.

Latihan militer ini merupakan yang pertama digelar AS di era kepemimpinan Presiden Joe Biden.

Manuver kapal perang AS itu dipastikan memicu amarah China yang selama ini mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan.

Klaim tersebut tumpang tindih dengan sejumlah negara di Asia Tenggara hingga menjadikan perairan itu rawan konflik terbuka.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China menyebut latihan rutin AS itu sebagai “unjuk kekuatan dan tindak kondusif bagi perdamaian dan stabilitas kawasan.”

Latihan militer ini dilakukan beberapa hari setelah Gedung Putih di era kepemimpinan Biden mengatakan komitmennya kepada Taiwan yang selama ini dinilai China sebagai wilayah pembangkang. (CNN Indonesia)