Mon. Jan 24th, 2022

TNI AL Siapkan Rumah Sakit Lapangan Modern Untuk Bantu Masyarakat

Kasal saat kunjungan kerja (Kunker) di Surabaya, salah satunya meninjau dan mengecek langsung keberadaan Rumah Sakit Lapangan yang digelar di Lapangan Apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karang Pilang, Surabaya Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021).

Porosberita.com, Surabaya – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono terus menerus membekali prajuritnya dengan sarana dan prasarana yang memadai dalam tugas, salah satunya sarana Seach and Rescue (SAR) untuk membantu masyarakat yakni Rumah Sakit Lapangan dengan desain rumah sakit modern yang memiliki mobilitas tinggi.

Kasal memahami betul bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan yang bertabur gunung berapi dan letaknya diantara dua benua menjadikan di berbagai wilayah Indonesia rawan dilanda bencana alam, baik berupa gempa bumi, gunung meletus, banjir, tanah longsor dan bencana lainnya. Kasal mengantisipasinya dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan prajurit yang bisa digunakan mobilitas dengan cepat.

Rumah Sakit Lapangan yang merupakan kerja sama dengan PT. Arvitech Mega Solusi ini nantinya akan dipergunakan oleh TNI AL untuk kebutuhan darurat apabila terjadi bencana alam.

Rumah Sakit Lapangan ini mempunyai kapasitas 100 bed dengan kelengkapan truck cubicle 8, 1 ruang ICI, 1 ruang lab, ruang farmasi, 2 ruang operasi, 1 ruang preop (pra operasi), 1 ruang postop (paska operasi), 1 ruang radiologi, 1 ruang laundry, CSSD (Central Seterilaise Suplay Departement) yang digunakan untuk sterelisasi alat. Ditambah 1 truk logistik, 1 truk tangki air serta mempunyai fasilitas pendukung incinerator medis dan instalasi ipal.

Dalam peninjauannya Kasal didampingi oleh Ketum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono dan para pejabat diantaranya Asops Kasal, Aslog Kasal, Askomlek Kasal, Dankormar, Danpasmar I, Kadispenal, Dankodikmar, dan Danlantamal V. (sur)