Wed. Oct 16th, 2019

Komnas HAM : Ada 4 Orang Asing di TKP Terkait Kasus Penyerangan Novel

Novel Baswedan

Porosberita.com, Jakarta – Komisioner Komnas HAM mengungkap keberadaan empat orang asing di Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang bisa menjadi petunjuk membongkar kasus penyerangan terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

“Jadi, sekitar 2-3 bulan lalu kami dapatkan info bahwa sudah ada sesuatu yang berjejak dan signifikan,” ungkap Komisioner Komnas HAM Bidang Pengkajian dan Penelitian Choirul Anam di kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Meski begitu, lanjutnya, pengungkapan kasus itu tergantung pada komitmen Kapolri Jenderal Tito Karnivan.

“Sekarang, tinggal apakah Kapolri mem-follow up itu dengan sangat kuat dan mendalam. Yang kami dapatkan informasinya adalah di level bawah, yang oleh Komnas disebut ‘orang asing’. Yang empat orang tersebut jejaknya sudah semakin terang dan itu bisa naik ke atas (aktor intelektual),” imbuhnya.

Menurutnya, keberadaam empat orang saksi di TKP itu bisa membuka misteri kasusnya. Sebab, keberadaan orang asing itu aneh dalam skema sekian hari di TKP dan orang-orang ini dengan keberadaan yang tidak semestinya di situ.

Chairul mengaku jika pihaknya sempat memberikan informasi terkait penemuan-penemuan itu kepada Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Novel. Untuk itu Tim akan menindaklanjuti informasi tersebut.

Diketahui, hingga saat ini, TGPF Kasus Novel yang berisi perwakilan KPK, pakar, dan anggota Polri, belum mengungkap ke publik soal hasil penyidikannya.

Kasus Novel itu sendiri terjadi pada 11 April 2017, Novel diserang orang tak dikenal dengan menggunakan air keras di dekat kediamannya. (wan)