Thu. Oct 24th, 2024

Korban Tewas Capai 36 Orang Akibat Longsor Sumedang, Jabar

Porosberita.com, Jakarta – Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sudah 36 jenazah ditemukan dari timbunan material longsor di Perumahan Pondok Daud, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pusdalops BNPB menyatakan selain 36 orang korban tewas, hingga saat ini tim gabungan mencatat ada 4 orang yang masih dinyatakan hilang hingga hari ini, Senin (18/1/2021).

“Sementara itu, korban luka berat berjumlah tiga orang dan 22 orang luka ringan, serta 1.119 jiwa mengungsi. Hingga saat ini tim gabungan masih berupaya melakukan pencarian dan evakuasi korban yang masih tertimbun longsor,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, dalam keterangannya di Jakarta.

Raditya pun menyatakan kondisi terkini di lokasi kejadian di Dusun Bojongkondang RT 03 RW 10 Desa Cihanjuang perlu terus diwaspadai. Sebab, hasil pengamatan Badan Geologi masih adanya retakan di beberapa titik lokasi longsor.

Adapun penghambat proses evakuasi adalah faktor cuaca terutama hujan yang menyebabkan jalan menjadi licin.

Sementara, Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang mendata kebutuhan mendesak yang dibutuhkan korban longsor yakni makanan pokok dan obat-obatan, bantal, selimut, alas tidur, pakaian dalam.

Selain itu, diperlukan peralatan mandi, baby kit, jas hujan, masker, serta sepatu boot dan APD untuk relawan. (rud)

About Author