Thu. Oct 24th, 2024

Presiden RI dan Katib Aam PBNU Akan Berpidato di Sidang Majelis Umum PBB

Porosberita.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan berpidato dalam Sidang Majelis Umum PBB, besok. Ini adalah kali pertama Jokowi tampil sejak menjabat. Biasanya, Jokowi selalu mendelegasikan tugas itu kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun, kali ini Jokowi tidak mengutus Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Presiden RI mendapat urutan ke-19. Diperkirakan pidato sekitar jam 20.30 waktu New York (22/9) atau 07.30 WIB (23/9),” ujar Kasetpres Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa, 22 September 2020.

Sidang Umum PBB tahun ini akan digelar secara virtual. Pidato Jokowi pun akan diputar dari hasil rekaman yang sudah dibuat terlebih dulu atau taping.

Selain Jokowi, Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf, juga dijadwalkan bakal tampil sebagai pembicara dalam panel tentang HAM di Majelis Umum PBB esok hari.

“Saya akan memaparkan pandangan-pandangan dan wacana terkait Hak Asasi Manusia yang telah berkembang di lingkungan Nahdlatul Ulama,” ujar pria yang akrab disapa Gus Yahya itu, lewat keterangan tertulis, Senin, 21 September 2020.

Yahya akan menjelaskan mulai dari teologi Ukhuwah Basyariyah yang dicetuskan oleh KH Achmad Siddiq pada 1984, Deklarasi Nahdlatul Ulama ISOMIL 2016, Deklarasi Islam Untuk Kemanusiaan 2017, Manifesto Nusantara 2018, dan Hasil Bahtsul Masail Musyawarah nasional Alim-Ulama Nahdlatul Ulama di Kota Banjar 2019 silam. (TEMPO)

About Author