Sun. Jun 16th, 2019

Ini Enam Orang Tim Komite Damai Debat Cawapres Bentukan KPU

Porosberita.com, Jakarta – Sebanyak enam orang ditetapkan sebagai anggota Komite Damai yang bertugas untuk bertugas mencegah kericuhan dalam Debat Cawapres pada 17 Maret mendatang. Mereka ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu terdiri dari satu orang dari KPU, satu orang dari Bawaslu, dan masing-masing dua orang dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

Sebelumnya, di Debat Capres Kedua terjadi kericuhan. Anggota BPN Jansen Sitindaon dan Ferdinand Hutahaean memprotes keras serangan Jokowi ke Prabowo terkait lahan.

Untuk perwakilan KPU ditunjuk Komisioner Wahyu Setiawan dan Bawaslu menunjuk Mochamad Afifuddin. Sementara dari TKN ada nama Aria Bima dari PDIP dan Rizal Mallarangeng dari Golkar. Sementara perwakilan BPN Prabowo-Sandi adalah Imelda Sari dari Partai Demokrat dan Putra Jaya Husin dari PAN.

Seperti diketahui, debat ketiga antar-cawapres akan digelar pada 17 Maret mendatang. Debat akan membahas tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan kebudayaan.

 Selain Komite Damai, KPU telah menetapkan sembilan panelis untuk debat ketiga tersebut. Para panelis akan menyusun pertanyaan bagi para cawapres yang akan berdebat, yakni Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno.

Adapun kesembilannya terdiri dari dari akademisi, aktivis, hingga budayawan . Para panelis tersebut yaitu, Dwia Aries Tina Palubuhu. Dwia saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar periode 2018-2022.

Kemudian, Rektor Universitas Tanjungpura periode 2007-2011 Chairil Effendy, Rektor Unsyiah Samsul Rizal, dan Rektor Sunan Kalijaga Yudian Wahyudi.

Selain itu, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Subhilhar. Sastrawan dan budayawan Radhar Panca Dahana. Lalu, ada juga Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah, Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia David Perdanakusuma, dan Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama. (wan)