Sun. Oct 17th, 2021

KPK Janji Tak Mau Lagi Diskusi Bareng ICW

Nawawi, Wakil Ketua KPK

Porosberita.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan tidak akan mau lagi duduk satu meja dengan Indonesia Corruption Watch (ICW) dalam forum diskusi. Pasalnya, ICW telah menilai Pimpinan jilid V adalah yang terburuk selama KPK berdiri.

“Jika nanti ada forum yang mengundang kami dan juga melibatkan ICW Bung Kurnia di dalamnya, kami tak akan ikut bersama dalam forum tersebut,” cetus Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango di Jakarta, Senin (30/12/2019).

Nawawi menegaskan jika suatu saat ada agenda diskusi di mana dirinya dan ICW menjadi narasumber, ia memastikan tidak akan menghadiri kegiatan tersebut. Pasalnya, menurutnya, dia tak pantas duduk berdiskusi dengan perwakilan ICW.

“Rasanya malu kami yang terburuk ini harus duduk berdiskusi dengan yang paling hebat, paling cerdas seperti beliau,” sindir Nawawi.

Sebelumnya, dalam agenda refleksi tahun 2019, peneliti ICW Kurnia Ramadhana menilai pelemahan terhadap kinerja pemberantasan korupsi disponsori langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Kurnia juga menyatakan pimpinan KPK saat ini merupakan yang terburuk sejak KPK berdiri. “Ini adalah tahun kehancuran bagi KPK yang benar-benar disponsori langsung oleh Istana atau Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan juga anggota DPR periode 2014-2019 dan 2019-2024 mendatang,” ujar Kurnia.

Nawai balik menyindir ICW merupakan lembaga luar biasa yang dapat menilai sesuatu yang belum bekerja. “Luar biasa ICW di era Bung Kurnia mampu menilai kami sebagai yang terburuk di saat kami belum bekerja,” kata Nawawi.

“Sebaliknya bagi kami, ICW di era Bung Kurnia semakin luar biasa, hebat, paling benar. Tapi Insya Allah pastinya kami tidak membutuhkannya ke depan,” imbuhnya. (wan)